GEMPA DI DONGGALA SULAWESI TENGAH TELAN 1203 KORBAN JIWA

SULTENG. Telah terjadi gempa tektonik pada hari jumat (28/9/2018) pukul 17:02:44 WIB dengan kekuatan magnitudo 7,7 pada kedalaman 10 km. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktifitas sesar Palu Kuro. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini, dibangkitkan oleh deformasi dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (Slike-Slip)

Guncangan gempa bumi ini dirasakan diberbagai daerah dengan guncangan yang berbedaseperti Toli-toli, Donggala, Gorontalo, Poso dan Palu; Majene dan Soroako; Kendari, Kolaka, Konawe Utara, Bone dan sengkang; Makassar, Gowa dan Toraja.Hingga saat ini sudah ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Berdasarkan data sementara dari BPBD tercatat 1203 orang meninggal dunia, 580 orang terluka dan 48ribu jiwa mengungsi di 94 titik.

Sampai saat ini jaringan telekomunikasi, PLN dan PDAM masih belum dapat beroperasi. Kebutuhan air bersih, logistik menjadi prioritas utama bagi masyarakat Palu-Donggala mengingat pasar dan toko masih banyak yang tutup, sementara itu warga yang berada di atas bukit mulai turun ke pos pengungsi.

Kebutuhan Mendesak:
a. Tenaga medis dan obat-obatan
b. Tenda, terpal, selimut
c. Air bersih
d. Makanan siap saji
e. Makanan bayi dan anak
f. Alat penerangan, genset
g. Kantong mayat, kain kafan

Sumber: Rumah Zakat

www.rumahwakaf.org

Cara Berdonasi :
1. klik disini : http://www.rumahwakaf.org/donasi/
2. Isi kolom donasi dengan nominal
3. Isi form kelengkapan donasi
4. Apabila telah melakukan transfer donasi, isi form konfirmasi donasi disini : http://www.rumahwakaf.org/konfirmasi-wakaf/

Apabila ada kendala dalam bertransaksi atau ada pertanyaan lainnya silahkan hubungi SMS/WA Center Rumah Wakaf 0813 1000 0263