Profil

TENTANG KAMI

Rumah Wakaf Indonesia (RWI) berdiri sejak tahun 2009 dan disahkan sebagai Lembaga Wakaf Nasional pada tahun 2010. Pada tahun 2014 Badan Wakaf Indonesia (BWI) sebagai regulator pengelolaan wakaf di Indonesia telah menerbitkan izin Rumah Wakaf Indonesia sebagai Lembaga Pengelolaan Wakaf Tunai.

Rumah Wakaf Indonesia terus mengembangkan dan melakukan inovasi dalam pengelolaan wakaf di Indonesia.

Rumah Wakaf Indonesia memiliki beberapa program wakaf, antara lain :

  1. Wakaf Produktif yaitu sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan. Donasi wakaf dapat berupa benda bergerak, seperti uang dan logam mulia, maupun benda tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan. Surplus wakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat, seperti pembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas.Program Wakaf Prouktif :
    • Wakaf Kebun Produktif
    • Wakaf Klinik
    • Wakaf Sekolah
  2. Wakaf Charity merupakan Program Investasi wakaf yang menjebatani dalam bentuk program optimalisasi kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang di implementasikan dalam bentuk program Sarana Ibadah, Pendidikan, Kesehatan, Jembatan, dan program kegiatan sosial lainnya.Program Wakaf Charity yang dikelola Rumah Wakaf Indonesia diantaranya :
    • Wakaf Jembatan Cinta
    • Wakaf Al Quran
    • Wakaf Perahu Guru
  3. Program Mauquf Alaih Merupakan Program dalam implementasi dari hasil pengelolaan Wakaf Produktif yang dikelola Rumah Wakaf Indonesia.Mauquf ‘Alaih adalah (orang atau lembaga yang berhak menerima harta wakaf). Ada banyak perbedaan antara zakat dan wakaf. Di antaranya zakat harus disalurkan kepada delapan golongan (ashnaf), sedangkan wakaf harus disalurkan kepada mauquf alaih yang kriterianya tidak terbatas. Mauquf Alaih atau pihak yang menerima manfaat dari wakaf bisa siapa saja. Itulah sebabnya wakaf mempunyai potensi lebih besar dalam memberdayakan umat.Berikut program mauquf Alaih yang dikelola Rumah Wakaf Indonesia :
    • Biasiswa Penghafal Al Quran
    • Desa Al Quran
    • Sarana Pendidikan
    • Pekerja Kebun
    • Pasien Bersalin Klinik

Kini RWI telah mengelola beragam program wakaf produktif seperti sekolah, rumah sakit, lahan peternakan, pertanian, dan property. Sementara dalam program wakaf charity RWI mengimplementasikan wakaf dalam program jembatan, desa Al-Qur’an, sarana Masjid, dan sarana sekolah.

Beberapa Program mauquf Alaih adalah Program Desa Quran, Beasiswa Penghafal Quran, Sarana pendidikan, Sarana kebersihan, Sarana Kesehatan, Sekolah Gratis, Klinik Gratis, dan Sarana Masjid.

Secara Keseluruhan Rumah Wakaf Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mengelola Wakaf dengan lebih produktif sehingga memberikan dampak positif terhadap pembangunan masyarakat.

 

VISI

“Menjadi Lembaga Wakaf Profesional dan terpercaya dalam pengelolaan wakaf di Indonesia”

MISSI

“Mengelola Wakaf secara Produktif yang memberikan nilai tambah bagi kesejahteraan ummat”

BRAND VALUE

LEGALITAS :

 

STRUKTUR ORGANISASI

Dewan Pengurus

Dewan Pembina : Dadan Arus Cahyadi

Dewan Pengawas : Reno Wisnu Sugiarto

Pengurus

Soleh Hidayat (Direktur)

Elly Riyanto (Finance)

Haifa (Consultant Wakaf)

Wulan (Consultant Wakaf)

Prapta Nugraha Ardiatma (Online Marketing)

Yusuf Maulana (Online Marketing)

Irawati Mar’atus Sholihah (Marketing Communications)

Lina Ulistiani (Marketing & Communications)

Arif Nurcholis (Program)

Whatsapp Chat Live Chat