Perahu Guru Kampung Kaki Air Maluku

  • Rp225.000.000

    Target
  • Rp96.623.963

    Dana Terkumpul
Pencapaian (%) :
42.94%
Minimum amount is Rp100000 Maximum amount is Rp100000000
Rp

Deskripsi

541 jiwa penduduk kampung kaki air bermayoritas muslim terletak di hutan rawa yang permukaannya pasir dan lumpur.

Kaki Air termasuk kampung yang masih tertinggal, minimnya ketersediaan perahu memperparah sulitnya akses pendidikan.

Anak-anak membutuhkan guru, ketiadaan perahu pun menyulitkan untuk mendatangkan guru pengajar.

 

Bantu mereka untuk tetap belajar, dengan adanyta perahu memudahkan guru untuk datang mengajar.

 

Solusi awal untuk Kampung Kaki Air adalah PERAHU.

Ayo patungan bersama untuk perahu Guru Pedalaman di Kampung Kaki Air Maluku

 

Klik Donate SEKARANG JUGA!

untuk info hubungi WA/SMS center Rumah Wakaf 0813 1000 0263

Kampung kaki air adalah sebuah perkampungan terapung yang berada di kawasan kecamatan Teluk Kayeli Kabupaten Buru Provinsi Maluku. Dengan jumlah 124 Kepala Keluarga, 541 jiwa.
275 laki dan 266 perempuan, Kaki Air mayoritas penduduknya muslim, mata pencaharian penduduk disini 100% Nelayan. Perkampungan terapung ini dibagi dua, air sungai yang memisahkan antara perkampungan kaki air, tidak ada jembatan yang mengbungkan antara perkampungan yang berseblahan, biasanya para jamaah shalat jumat ketika ke masjid menggunakan perahu sampan.

 

Kampung kaki air terletak di hutan rawa yang permukaan tanahnya pasir dan lumpur dan bisa ditinggali oleh masyarakat yang 100% suku bugis makassar, Semua Perumahan disini rumah terapung, hanya saja masjid Nurul-Huda dan sekolah (SD dan TK) yg pembangunannya di atas tanah yang agak sedikit lembek, pembangunan ini secara gotong royong dibangun oleh masyarakat setempat untuk mengangkut pasir dan bebatuan dari desa lain yang agak jauh jaraknya untuk dibuat pondasi yang cukup tinggi, namun setiap pasang surut air laut, Masjid dan Sekolah halamannya masih tergenang air.

 

Untuk menempuh kampung kaki air dari kota cukup memakan waktu setengah jam dengan menggunakan perahu mesin, itupun jika kondisi cuaca alam bagus.

 

Kaki Air masih di katakan sebuah perkampungan yang tertinggal, sebab kondisi perkampungannya tidak ada listrik, tidak ada air bersih, pembangunan sekolahpun belum mencangkup kesemua tingkatan, TK dan SD hanya berada di perkampungan tersebut.

 

Masalah pendidikan diperkampungan kaki air sangat memprihatinkan sebab untuk tingkatan SMP dan SMA harus menuju ke kota kabupaten untuk sekolah dengan menggunakan Perahu Mesin yang biasa digunakan para nelayan terkadang pulang pergi, namun jika kondisi cuaca buruk biasanya para pelajar tinggal bersama sanak sodara di kota.

 

Solusi awal untuk Kampung Kaki Air adalah PERAHU.

Ayo patungan bersama untuk perahu Guru Pedalaman di Kampung Kaki Air Maluku

 

Klik Donate SEKARANG JUGA!

  LIVE CHAT