TERNYATA HANYA ADA DUA JENIS WAKAF YANG DIKELOLA BRUNEI DARUSSALAM

0
255

Inilah Brunei Darussalam negara yang berbentuk kerajaan yang terletak di bagian utara Pulau Kalimantan, Asia Tenggara. Negara yang berpenduduk 434.076 jiwa (2018) beribu kota di Bandar Seri Begawan, dan saat ini di bawah kepemimpinan Sultan Hassanal Bolkiah.

Brunei Darussalam yang penduduknya mayoritas muslim ini mengembangkan wakaf juga loh, sahabat. Untuk pengelolaannya diserahkan kepada Majlis Agama Islam Brunei Darussalam. Hal tersebut berdasarkan Undang-Undang Negara Brunei Darussalam yaitu Akta Majelis Ugama Islam dan Mahkamah-Mahkamah Kadi Penggal 77 dalam bab 98 dan 100.

Harta wakaf yang dikelola oleh Majlis Agama Islam ini terbagi menjadi dua jenis wakaf saja, berdasarkan terikat atau tidaknya pemanfaatan wakaf dalam ikrar yang diucapkan oleh pewakaf (wakif), yaitu wakaf Khas dan wakaf Am.
Wakaf Khas adalah wakaf yang terikat oleh akad wakif (telah ditentukan sendiri pemanfaatan wakafnya). Misalnya, rumah yang diwakafkan diperuntukkan untuk mushola. Sedangkan wakaf Am belum ditentukan pemanfaatannya. Sehingga Majlis Ugama Islam bebas menentukan pengelolaannya.

Secara prosedur perwakafan di Brunei ada yang tidak terdaftar dan terdaftar. Untuk wakaf tidak terdaftar biasanya hanya berupa lisan antara pengelola (nazhir) dan wakif, bahkan ada juga nazhir tidak mengetahui ada wakif yang berwakaf. Sedangkan wakaf terdaftar, ada bukti berupa surat wakaf resmi dari Majlis Ugama Islam selaku nazhir.

Selain wakaf tak bergerak seperti tanah dan bangunan, Brunei Darussalam juga mengenal wakaf tunai. Hanya saja, wakaf tunai yang disalurkan tidak diproduktifkan dalam sektor perniagaan. Melainkan digunakan untuk pembinaan dan perluasan masjid, sekolah agama, perbaikan perkuburan dan kepentingan umum.
Begitu pun pada wakaf tanah. Sebagian besar dimanfaatkan untuk membangun tempat ibadah, Taman Pendidikan Quran, atau makam. Dan kebanyakan wakaf di Brunei masih berbentuk masjid dan Mushala

Sahabat masih banyak fakta wakaf menarik lainya, jadi jangan lupa follow fanpage dan ig @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf