TERNYATA MASYARAKAT INDONESIA SUDAH BISA WAKAF SEJAK ABAD KE 12

0
49

Masa awal tumbuhnya wakaf di Indonesia dapat ditelusuri sejak abad ke-12 M, yakni ketika terjadi pengenalan islam oleh para guru sufi ke nusantara. Peran guru sufi ini memberikan pengaruh pada penduduk setempat dan memberi andil bagi penyebaran islam. Sampai abad ke 14 M, pengaruh para pengembara sufi dalam mengembangkan ajaran islam semakin luas, dan mulai masuk melalui pintu-pintu istana kerajaan di nusantara.

Bukti paling kuat dapat ditelusuri dari peran para Walisongo ketika memperkenalkan islam. Untuk menyebarkan islam ke lingkungan istana, biasanya para wali memulainya dengan mendirikan pesantren dan masjid di lingkungan kesultanan (istana). Pola ini dilakukan oleh Syeikh Maulana Malik Ibrahim (w.1467), yang kemudian diikuti oleh para tokoh walisongo lainnya.

Masjid dan pesantren-pesantren, disamping menjadi anak panah penyebaran islam, dikenal juga sebagai institusi wakaf pertama yang menjadi benih bagi perkembangan filantropi Islam pada masa berikutnya.

Luar biasa wakaf di abad ke 12 M telah menjadi benih bagi perkembangan filantropi Islam di Indonesia. Sahabat kini saatnya anda mengukir sejarah wakaf yang produktif bagi kesejateraan Indonesia.
Tunggu apalagi tunaikan wakaf terbaik anda sekarang juga.
Link Wakaf Tunai >> https://sharinghappiness.org/collabs/gelombangwakaf

Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555

Yuk follow fanpage dan ig @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf