Ternyata Perguruan Tinggi Islam di Thailand Berasal dari Wakaf

0
53

Thailand merupakan salah satu negara bermayoritas agama Budha di Asia Tenggara. Komunitas buddhist mencapai 94% dari 65 juta penduduk. Agama Islam menduduki posisi kedua sebagai agama yang paling banyak dipeluk penduduk Thailand yaitu sejumlah 4,6%. Salah satu provinsi dengan jumlah muslim terbanyak ada di Provinsi Pattani. Disanalah berdiri Universitas Fatoni yang tanah dan bangunannya berasal dari wakaf umat muslim Melayu Pattani.

Universitas Fatoni dahulu bernama Yala Islamic University. Dari sana lahir proyek Madinah As Salaam untuk mengembangkan kota wakaf sebesar 500 hektar dengan beragam fasilitas modern di Fattani. Saat ini Universitas Fatoni sudah memiliki 4.000 mahasiswa dan dosen yang berasal dari 20 negara. Terdapat pusat bahasa yang mengajarkan empat bahasa yaitu Bahasa Thailand, Indonesia, Inggris, dan Malaysia. Mahasiswa Universitas Fatoni juga berasal dari sekitar 14 negara, di antaranya China, Kamboja, Laos, Myanmar, Papuanugini, Yordania, Arab Saudi, juga Indonesia. Mahasiswa terbanyak adalah dari China dan Kamboja. Terdapat 4000 mahasiswa tersebar di empat fakultas, yaitu Fakultas Pengajian Islam dan Undang-Undang (PAI), Fakultas Sastra dan Sains Kemasyarakatan, Fakultas Sains dan Teknoligi dan Fakultas Pendidikan.

Di saat Ramadhan, geliat para mahasiswa Islam begitu terasa. Masjid Haromai di tengah kampus, berpusat sebagai tempat digalakkan program 1 malam 1 juz setiap usai tarawih. Dengan cara ini Bulan Ramadhan akan tetap hidup di Negeri Gajah Putih.