TERNYATA PRAKTIK WAKAF SUDAH DIMULAI SEJAK ABAD KE 12 DI INDONESIA

0
75

Wakaf merupakan ajaran islam yang umum dipraktekkan masyarakat. Wakaf untuk masjid, lembaga pendidikan, pesantren dan kuburan merupakan jenis wakaf yang paling dikenal dalam masyarakat. Praktik wakaf ini diasumsikan telah ada sejak islam menjadi kekuatan sosial-politik berdirinya beberapa kerajaan islam di Nusantara sejak akhir abad ke 12M.

Di Jawa Timur, tradisi yang menyerupai praktik wakaf telah ada sejak abad ke-15 M dan secara nyata disebut wakaf dengan ditemukan historis baru ada pada awal abad ke-16 M. Sedangakan di Sumateraa, Aceh, wakaf disebutkan mulai muncul abad ke 14M. Meskipun demikian, perlu ditekankan disini bahwa praktik-praktik yang menyerupai wakaf dilaporkan telah ada sejak jauh sebelum datangnya islam ke nusantara.

Praktik yang menyerupai wakaf ini dapat ditemukan dalam tradisi penyerahan tanah ke beberaapa daerah; seperti di Mataram, telah dikenal praktik semacam wakaf yang disebut tanah perdikan; di Lombok dikenaal tanah Pareman. Dalam tradisi masyarakat Baduy di Cibeo, Banten Selatan juga dikenal Huma Serang dan di Minangkabau ada pula tanah pusaka (tinggi). Sedangkan di Aceh dikenal tanah weukeuh, yaitu tanah pemberian sultan yang digunakan untuk kepentingan umum seperti bertani, berkebun dan membangun sarana umum. Lembaga weukeuh ini terus bertahan hingga masa kolonial. Hasil tanah weukeuh biasanya dipakai untuk membiayai kenduri tahunan, pelaksanaan ibadah, termaasuk pembangunan masjid dan meunasah.

Sahabat ternyata praktik yang serupa dengan wakaf telah lama ada sebelum islam dikenal di Indonesia. Mari bersama bangun dan kembangkan wakaf yang produktif untuk kesejahteraan Indonesia.
Tunggu apalagi tunaikan wakaf terbaik anda sekarang juga.
Link Wakaf Tunai >> https://sharinghappiness.org/collabs/gelombangwakaf

Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555

Yuk follow fanpage dan ig @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf