TERNYATA WAKAF MENGALAMI KEMAJUAN PESAT PADA ABAD KE 9-10 MASEHI

0
19

Pada masa penyebaran islam, praktek wakaf masih difokuskan untuk keperluan militer, keagamaan dan menjamin hidup karib-kerabat dan keturunan wakif (wakaf ahli). Namun seiring meluas dan berjayanya islam, maka selama abad-abad ke 9 M dan 10 M wakafpun mengalami kemajuan pesat. Kemajuan ini ditandai dengan berkembangnya jenis-jenis wakaf baru.

Seiring dengan meluas dan makin kompleksnya kebutuhan sosial dan ekonomi masyarakat muslim yang makin tampak bercorak urban maka pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh wakaf tidak bersifat keagamaan dan santunan semata, tetapi mencakup sarana-sarana publik seperti jalan-jalan, jembatan, rumah-rumah sakit dan madrasah.

Perkembangan wakaf ini, dipengaruhi juga oleh muncul dan berkembangnya madzhab pemikiran hukum dalam Islam sehingga merubah arah pandang perwakafan pada masa itu.

Wakaf untuk tempat ibadah masih terus dijalankan. Namun disekitar areal wakaf tersebut mulai dibangun madrasah yang didalamnya diajarkan madzab fikih tertentu atau gabungan beberapa madzhab.

Catatan sejarah diatas menggambarkan bahwa sejatinya wakaf itu ada untuk menjadi solusi segala permasalahan umat. Mulai dari keagamaan, sosial, ekonomi, pendidikan hingga kesehatan.

Sahabat, kini saatnya untuk anda mengukir catatan sejarah wakaf dengan menunaikan wakaf terbaik anda.
Link Wakaf Tunai >> https://sharinghappiness.org/collabs/gelombangwakaf

Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555

www.gelombangwakaf.id