YUK CARI TAHU APA SAJA SYARAT DAN RUKUN WAKAF, UNSUR YANG HARUS ADA SAAT MENUNAIKAN WAKAF

0
276

Sahabat wakaf, dalam terminologi fikih rukun adalah sesuatu yang dianggap menentukan suatu disiplin tertentu atau dengan perkataan lain rukun adalah penyempurnaan sesuatu di mana ia merupakaan bagian dari sesuatu itu. Oleh karena itu, sempurna atau tidak sempurna wakaf telah dipengaruhi oleh unsur-unsur yang ada dalam perbuatan wakaf itu sendiri.

Adapun unsur-unsur atau rukun wakaf menurut sebagain besar ulama dan fiqih Islam, telah dikenal ada 5(lima) rukun atau unsur wakaf adalah :

1. Wakif (orang yang berwakaf dengan ketentuan mempunyai ketentuan untuk melepaskan hak milik, baligh, berakal dan tidak dalam paksaan)

2. Harta Benda (dipandang sah apabila merupakan harta bernilai, tahan lama dipergunakan, dan hak milik wakif murni selain itu tidak ada batas minimal dalam berwakaf)

3. Nazir (orang yang memegang amanat untuk memelihara dan menyelenggarakan harta wakaf sesuai dengan tujuan perwakafan)

4. Ikrar wakaf (pernyataan wakaf dapat dikemukakan dengan tulisan, lisan atau dengan suatu isyarat yang dapat dipahami)

5. Peruntukan harta benda wakaf (penerima wakaf)

Alhamdulillah sekarang sahabat sudah mengetahui rukun dari wakaf, saatnya anda mencoba praktekan ilmu tadi dengan menunaikan wakaf terbaik anda.

Sahabat masih banyak edukasi wakaf menarik lainya, jadi jangan lupa follow, like, comment dan share konten-konten @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf