8 Alasan Kita Harus Dermawan di Bulan Ramadan

0
436

Sahabat… ramadhan adalah kesempatan kita untuk beramal dan mendapatkan pahala salah satunya dengan berbagi. Inilah 8 alasan mengapa kita harus dermawan di bulan ramadhan:

  1. Kemuliaan zaman (waktu) dan dilipat gandakannya amal shalih di dalamnya.
    “Shadaqah yang paling utama adalah pada bulan Ramadhan.” (HR. al-Tirmidzi dari Anas)
  2. Membantu shaimin, qaimin, dan dzakirin untuk menjalankan ketaatan mereka. Inilah yang menjadi sebab ia mendapatkan pahala seperti pahala mereka
    “Siapa yang memberi berbuka orang puasa, baginya pahala seperti pahala orang berpuasa tadi tanpa dikurangi dari pahalanya sedikitpun.” (HR. Ahmad, al-Tirmidzi, Nasai, dan dishahihkan al-Albani)
  3. Bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah berderma (melimpahkan kebaikan) kepada para hamba-Nya dengan mecurahkan rahmat, maghfirah, dan pembebasan dari neraka.
  4. Puasa dan shadaqah, keduanya menjadi sebab yang bisa menghantarkan ke surga.
  5. Berkumpulnya puasa dan shadaqah lebih kuat untuk dihapuskannya kesalahan, dipelihara dari jahannam, dan dijauhkan darinya. Lebih lagi, kalau digabung dengan qiyamullail.
  6. Sedekah bisa menyempurnakan Puasa.
    Shadaqah menutup kekurangan dan cacat pada puasa kita. Karenanya, pada akhir Ramadhan diwajibkan mengeluarkan zakat fitrah sebagai permbersih bagi orang yang berpuasa dari perkara lahwun dan perbuatan tercela.
  7. Orang yang berpuasa meninggalkan makan dan minumnya karena Allah supaya orang kaya merasakan rasanya lapar sehingga tidak lupa terhadap orang-orang kelaparan.dan ini termasuk hikmah dan faidah pelaksanaan ibadah shaum.
  8. Banyak berbagi di bulan ramadhan berarti meneladani Rasullullah SWT, Imam Syafi’i berkata “Sesuatu yang paling disuka oleh seseorang dalam menambah kedermawanan di bulan Ramadhan adalah karena mencontoh kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.”

Yuk Sahabat Wakaf…
Mari teladani Rasullulah SAW dengan memperbanyak sedekah dan berbagi.
Sedekah sekarang agar pahala sedekah dilipatgandakan Allah.


Hai Sahabatt Wakaf…
Salam produktif dari kami di bulan Ramadhan ini yaaa ☺️

Jangan lupa follow, like, comment, dan share konten-konten @gelombangwakaf.id yaa

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf