Apakah hikmah dari berwakaf?

0
192
hikmah wakaf

Sahabat…di balik perintah wakaf, sebenarnya apa hikmah yang bisa kita petik? Hikmah disyariatkannya wakaf antara lain:

  1. Menjauhkan diri dari cinta harta dan dunia. Kita harus selalu ingat bahwa harta bukanlah milik kita, tapi semuanya adalah titipan dari Allah yang harus dipertanggung jawabkan di akhirat. Dengan wakaf, maka harta tersebut tidaklah terbuang sia-sia akan tetapi tetap terjaga dan menjadi milik umat.
  2. Wakaf adalah amalan tidak terputus. Wakaf akan terus mengalirkan pahala kepada orang yang berwakaf sampai hari akhir tiba. Maka bisa dibilang bahwa wakaf adalah investasi akhirat yang paling baik.
  3. Mengurangi jurang antara orang miskin dan kaya. Wakaf diperuntukkan bagi kepentingan umum baik di bidang agama, sosial, kesehatan, perkebunan, dll. Dengan adanya wakaf maka akan membantu saudara kita yang membutuhkan, dengan wakaf pendidikan anak-anak miskin bisa merasakan bangku sekolah, wakaf perkebunan membantu penduduk sekitar mendapatkan pekerjaan tetap, dan masih banyak lagi.
  4. Melatih jiwa senang berbagi. Sharing is caring, berbagi itu lebih menyenangkan dan menyehatkan. Dengan berbagi kepada sesama, kita menyebarkan virus kebahagiaan. Maka latihlah jiwa sosial kita melalui wakaf.

Masih banyak lagi hikmah yang bisa dipetik dari berwakaf. Yang pasti dengan wakaf kita hubungan kita dengan Allah dan manusia di bumi akan semakin erat. Inilah cara terbaik untuk mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.