Apakah hukum menarik kembali harta benda wakaf?

0
98
hukum menarik kembali wakaf

Sahabat… seseorang yang telah mewakafkan hartanya sudah tidak memiliki harta tersebut. Dalam Mausu’ah Fiqhil Islami dijelaskan: “Wakaf adalah harta yang dikeluarkan seorang muslim dari kepemilikannya karena Allah swt. Maka tidak boleh melakukan transaksi terhadapnya baik berupa jual-beli, hibah, ataupun semisalnya. Karena jual-beli itu membutuhkan kejelasan kepemilikan, sedangkan harta wakaf itu tidak memiliki pemilik”.
Oleh karena itu, harta yang telah sah ditetapkan sebagai wakaf tidak boleh diambil kembali. Bahkan, harta tersebut tidak boleh pula diambil kembali oleh yang mewakafkannya (wakif) meskipun dengan mengganti uang seharga tanah tersebut. (Lihat Fatwa al-Lajnah ad-Daimah no. 11930).

Apabila harta yang sudah sah diwakafkan oleh pemiliknya akan tetapi tidak digunakan sebagaimana mestinya oleh pengelola wakaf (nazhir) maka wakif tetap tidak boleh mengambil kembali harta yang telah diwakafkan, namun dia bisa menggantinya dengan nadzir yang lain. Kewajiban nazhir adalah melaksanakan keinginan dari pihak yang mewakafkan karena itu merupakan amanah yang harus ditunaikan.