Apakah Keutamaan Berwakaf di Bulan Ramadhan?

0
283

Tak terasa Sahabat kita sudah memasuki minggu pertama di Bulan Ramadhan. Bulan yang penuh berkah. Bulan yang hanya dapat ditemui setahun sekali. Bulan yang sangat istimewa bagi seluruh umat islam di dunia.

Sebagai salah satu bentuk ibadah, jangan lupa untuk berwakaf. Jika diibaratkan, wakaf adalah air. Yaitu amalan terus mengalir tanpa henti seperti air. Karena harta yang kita wakafkan akan terus mengalirkan pahala selama masih digunakan dan bermanfaat bagi umat.

Apakah berwakaf di Bulan Ramadhan apakah memiliki keutamaan dibandingkan bulan lainnya?

Pada hakikatnya di bulan ini semua amal kebaikan akan mendapat pahala lebih besar  dibandingkan bulan-bulan lainnya. Pintu surga dibuka lebar-lebar dan setan dibelenggu. Maka tidak ada halangan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Rasulullah SAW adalah manusia paling dermawan di muka bumi, dan Beliau tidak pernah melewatkan momentum Ramadhan untuk terus beramal.

Dari Ibnu Abbas RA : “Rasulullah SAW adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lagi pada Ramadhan saat beliau bertemu Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Alqur’an. Dan, kedermawanan Rasulullah SAW melebihi angin yang berembus.” (HR Bukhari no. 6).

Sebagai muslim berakal kita harus meningkatkan amal dan ibadah selama Ramadhan. Ingat bahwa berwakaf tidak boleh ditunda-tunda. Jika kita sudah berniat wakaf, alangkah baiknya segera mengamalkannya saat itu juga. Ingat Ramadhan hanya berlangsung 30 hari dan akan berlalu dalam sekejap saja. Jika belum pernah berwakaf, yuk mulai detik ini kita mewakafkan sebagian harta kita pada umat.

Tentunya dengan rutinitas kebaikan ini, diharapkan bisa terus bertahan bahkan mungkin ditingkatkan di luar bulan Ramadhan. Jangan sampai Ramadhan berlalu tanpa jejak di hati kita. Buatlah Ramadhan berkesan dan ghirah beribadah menjadi lebih menggebu.

Mulainya kapan? Yuk, mulai detik ini juga. Kalau bukan sekarang kapan lagi?

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf