Apakah peran wakaf dalam pembangunan infrastruktur?

0
25
peran wakaf untuk infrastruktur

Sahabat…pembangunan infrastruktur merupakan program pemerintah dalam jangka panjang. Ekonomi Islam telah memberikan jenis instrumen yang dapat merealisasikan program pemerintah. Instrumen itu adalah wakaf. Wakaf merupakan sedekah dari individual yang pokoknya tidak boleh habis. Secara sederhana, wakaf dapat dimanfaatkan untuk kepentingan yang bersifat komersial maupun nirlaba. Umumnya, wakaf dipahami sebagai penyedia infrastruktur bagi aktivitas-aktivitas nirlaba religius, seperti pembangunan masjid, madrasah dan pemakaman. Pada kenyataannya, wakaf dapat dikelola sebagai investasi yang bersifat komersial.

Sebagaimana diketahui bahwa infrastruktur adalah salah satu penunjang pembangunan sebuah negara. Wakaf dapat berperan di bidang infrastruktur setidaknya dengan dua peran, yaitu:
a. Sebagai penyedia lahan untuk pembangunan infrastruktur melalui wakaf tanah;
b. Menjadi sumber pembiayaan pembangunan infrastruktur melalui wakaf uang.

Wakaf dapat pula diinvestasikan pada sektor komersial dan infrastruktur yang dapat menghasilkan laba. Misalkan, lahan wakaf dibangunkan gedung perkantoran yang memiliki unit-unit yang dapat disewakan. Laba yang dihasilkan dari penyewaan unit kantor dapat digunakan untuk mendukung operasional sektor nirlaba, misalkan untuk bantuan bea premi BPJS bagi pasien di rumah sakit bagi dhuafa. Sehingga layanan publik yang biasanya didapatkan dari pemerintah, seperti pembangunan infrastruktur dan layanan sosial, dapat dijalankan oleh masyarakat melalui wakaf. Hal ini tentu saja baik bagi anggaran negara karena belanja pemerintah telah disubstitusi oleh aktivitas filantropi berupa wakaf.

Source : Jurnal Wakaf Pengaturan dan Tata Kelola yang Efektif