Apakah peran wakaf untuk mendukung pembangunan suatu negara?

0
118
peran wakaf dalam pembangunan negara

Sahabat…wakaf berperan dalam pembangunan suatu negara. Wakaf dapat menjadi instrumen membangun fasilitas publik, sosial, dan pengembangan pembangunan, misalnya:

a. Pembangunan gedung perkantoran. Pembangunan gedung dapat berwujud kantor di lokasi strategis untuk kemudian disewakan. Laba yang diperoleh dari penyewaan kantor dapat digunakan untuk membiayai program kemanusiaan, seperti membiayai sekolah dan rumah sehat gratis bagi dhuafa. Selain itu, wakaf juga dapat digunakan untuk pembangunan Kantor-Kantor Desa yang tengah dicanangkan untuk mendukung program penyaluran dana desa pemerintah dalam lima tahun mendatang.

b. Pembangunan sekolah gratis bagi dhuafa yang dibangun di atas lahan yang diwakafkan. Operasional sekolah dapat berasal dari manfaat yang muncul dari pengelolaan investasi wakaf yang mendatangkan laba. Apabila hal ini berjalan baik, maka akan mendorong tingkat partisipasi belajar anak usia sekolah yang sedang diupayakan untuk ditingkatkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

c. Pembangunan perusahaan farmasi berbasis herbal. Lahan yang diwakafkan dapat ditransformasi menjadi pabrik farmasi atau menjadi lahan budidaya herbal untuk pembuatan obat. Adanya farmasi berbasis herbal ini sesuai dengan program yang dicanangkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang tengah mengupayakan penguasaan sektor hulu farmasi nasional melalui pendirian pabrik farmasi. Kehadiran pabrik farmasi herbal di atas tanah wakaf akan menghasilkan obat murah yang dapat digunakan dalam operasional rumah sakit, termasuk rumah sehat bagi dhuafa, serta meringankan beban klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak contoh wakaf lainnya yang mendukung program pemerintah. Nantikan selalu update terbaru dari kami hanya di sini dan jangan lupa kunjungi website kami di sini.

Source : Wakaf Pengaturan dan Tata Kelola yang Efektif