Apakah perbedaan wakaf dan sedekah?

0
9

Wakaf merupakan bagian dari sedekah. Namun wakaf memiliki beberapa perbedaan dibandingkan sedekah. Perbedaan tersebut antara lain:

  1. Manfaat yang terus menerus
    Syarat menunaikan wakaf adalah harta benda wakaf harus memiliki manfaat dalam jangka panjang dan berkelanjutan. Sedangkan sedekah manfaatnya langsung habis digunakan. Sumur air bersih merupakan jenis harta benda wakaf karena men-supply air bersih secara terus menerus, sebagaimana Ustman R.A yang mewakafkan sumur Raumah untuk umat Islam. Contoh dari sedekah misalnya nasi box untuk pengajian, saat nasi box dibagikan kepada jamaah manfaatnya langsung habis ketika nasi sudah habis dimakan.
  2. Pahala yang mengalir terus menerus
    Manfaat dari wakaf akan mengalirkan pahala terus menerus sampai hari akhir kelak. Setiap kali ada manfaat yang diberikan, pahala juga akan terus tercurah dari Sang Khalik. Sehingga apabila orang yang berwakaf sudah meninggal, pahala dari harta benda yang diwakafkan akan terus mengalir kepadanya.
  3. Wakaf memiliki pengelola
    Pengelola wakaf disebut sebagai nazhir, yaitu orang yang bertanggung jawab untuk memelihara dan mengembangkan manfaat wakaf. Hal ini bertujuan agar manfaat wakaf terus terpelihara dan produktif sehingga menghasilkan manfaat yang terus menerus. Sedangkan sedekah tidak memerlukan pihak lain untuk mengelolanya. Bila ingin bersedekah kita bisa memilih apakah ingin menitipkan kepada pihak lain atau langsung memberikan kepada yang membutuhkan.

Nantikan selalu update terbaru dari kami hanya di sini ya.