Apakah wakaf boleh diperuntukkan bagi keluarga sendiri?

0
117
wakaf untuk keluarga

Sahabat… wakaf boleh diperuntukkan bagi keluarga sendiri. Berdasarkan ilmu fikih, wakaf dikelompokkan menjadi tiga jenis, antara lain wakaf khusus (ahli), wakaf umum (khairi), dan wakaf bersama (musytarak). Nah, wakaf untuk keluarga sendiri termasuk ke dalam wakaf ahli. Landasan hukum wakaf ahli terdapat pada hadits Rasulullah SAW ketika Abu Thalhah akan mewakafkan kebun kurma yang sangat ia cintai. Rasulullah SAW mengatakan agar manfaat kebun tersebut untuk diberikan kepada keluarganya. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ali Imran ayat 92:
“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada (kebajikan) yang sempurna sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.”

Maka, wakaf ahli bisa menjadi pilihan saat Sahabat akan berwakaf. Manfaat wakaf akan dirasakan oleh anak keturunan kita kelak. Salah satu contoh wakaf untuk keluarga adalah pemakaman khusus keluarga besar Bapak X, misalnya. Namun untuk manfaat yang lebih luas Sahabat bisa memilih wakaf musytarak, dimana manfaat wakaf akan dirasakan oleh kepentingan umat dan kesejahteraan keluarga. Inilah keutamaan wakaf dibandingkan amal sedekah lainnya.