Apakah yang dimaksud dengan shigah wakaf?

0
28
pengertian shigah wakaf

Shigah wakaf disebut juga sebagai ikrar wakaf merupakan salah satu rukun wakaf yang harus dipenuhi. Shigah adalah pernyataan atau ikrar yang diucapkan oleh orang yang memiliki harta untuk mewakafkan hartanya. Ikrar wakaf terdiri dari dua hal yaitu ijab dan kabul.

Ijab adalah pernyataan dari wakif untuk menyerahkan harta miliknya sebagai wakaf. Para ulama sepakat bahwa wakaf harus disertai oleh ijab. Ijab bisa dilakukan dengan pernyataan yang tegas dan bisa dengan lafadz kiasan. Pernyataan tegas bila wakif berkata “Saya wakafkan harta ini” sedangkan kata kiasan misalnya perkataan “Saya sedekahkan sekian dan tidak untuk dijual atau diwariskan”.

Kabul adalah ucapan penerimaan dari pihak yang diserahkan harta wakaf. Pihak penerima wakaf bukan lah nazhir tapi mauquf alaih yaitu orang yang berhak menerima wakaf. Bila maukuf alaih bersifat umum maka ucapan kabul tidak diperlukan, misalnya seseorang yang mewakafkan tanahnya untuk masjid. Siapa saja bisa sholat di dalamnya maka tidak diperlukan kabul. Namun bila wakaf ditujukan untuk orang tertentu saja maka kabul harus dilakukan. Misalnya wakaf untuk 10 anak yatim yang namanya sudah ditentukan, maka ulama mengatakan bahwa 10 anak tersebut harus mengucapkan kabul.