Bagaimana hukum wakaf secara patungan?

0
179
hukum wakaf patungan

Sahabat…apakah wakaf bisa dilakukan secara berkelompok? Jawabannya tentu saja bisa. Wakaf tidak harus dilakukan perorangan namun bisa dengan patungan. Lebih jauh cara ini dikenal dengan nama wakaf syuyu’i. Tujuan wakaf untuk penyediaan dana bagi layanan sosial dan agama secara terus menerus. Contohnya adalah iuran untuk membeli tanah yang akan dibangun sekolah, masjid, toko, yang hasilnya ditujukan untuk kepentingan umat. Wakaf syuyu’i yang kemudian diartikan sebagai wakaf uang yang dimana setiap muslim bisa mengamalkannya.

Dalil mengenai wakaf secara iuran yaitu ketika Rasulullah SAW berkata kepada pemilik kebun yang dimiliki orang banyak : Wahai, Bani Najjar! Juallah kebunmu ini kepadaku!” Lalu Bani Najjar berkata,”Tidak kujual. Demi Allah, tidaklah kami jual tanah ini, kecuali untuk Allah. [HR Bukhari, kitab Al Washaya, no. 2564]

Wakaf adalah amal ibadah yang mengajarkan kebersamaan demi kemajuan umat. Maka, apakah yang masih menghalangi Anda untuk berwakaf? Yuk, tunaikan wakaf terbaikmu sekarang!