Enam Amalan Utama di Awal Bulan Dzulhijjah

0
76

6 Amalan Utama di Awal Dzulhijah

Tahukah sahabat? Hari ini sudah masuk bulan Dzulhijjah looh
Berikut ada 6 amalan utama di awal Dzulhijah yang bisa kita lakukan :

  1. Puasa
    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya
    HR. Abu Daud no. 2437
  2. Takbir dan Dzikir
    Ibnu ‘Abbas berkata, “Berdzikirlah kalian pada Allah di hari-hari yang ditentukan yaitu 10 hari pertama Dzulhijah dan juga pada hari-hari tasyriq.” Ibnu ‘Umar dan Abu Hurairah pernah keluar ke pasar pada sepuluh hari pertama Dzulhijah, lalu mereka bertakbir, lantas manusia pun ikut bertakbir. Muhammad bin ‘Ali pun bertakbir setelah shalat sunnah.
  3. Menunaikan Haji dan Umroh
    Yang paling afdhol ditunaikan di sepuluh hari pertama Dzulhijah adalah menunaikan haji ke Baitullah. Silakan baca tentang keutamaan amalan ini
  4. Memperbanyak Amalan Sholeh
    Sebagaimana keutamaan hadits Ibnu ‘Abbas yang kami sebutkan di awal tulisan, dari situ menunjukkan dianjurkannya memperbanyak amalan sunnah seperti shalat, sedekah, membaca Al Qur’an, dan beramar ma’ruf nahi mungkar.
  5. Berqurban
    Di hari Nahr (10 Dzulhijah) dan hari tasyriq disunnahkan untuk berqurban sebagaimana ini adalah ajaran Nabi Ibrahim ‘alaihis salam.
  6. Bertaubat
    Termasuk yang ditekankan pula di awal Dzulhijah adalah bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat serta meninggalkan tindak zholim terhadap sesama.

Yuk kita maksimalkan kesempatan bulan Dzulhijjah dengan amalan terbaik kita!
Sumber : rumaysho.com