Hukum Berwakaf Untuk Orang Lain

0
265

Apakah hukum berwakaf untuk orang lain?

Sahabat Wakaf perlu diketahui bahwa hukum berwakaf bagi orang lain dibolehkan. Misalnya ada seorang anak yang ingin mewakafkan sebagian hartanya atas nama orang tua. Dalam Matan Al-Iqna’ – Kitab Fiqh Madzhab Hambali dinyatakan:

“Semua ibadah yang dilakukan seorang muslim, kemudian dia pahalanya atau sebagian pahalanya, misalnya setengah pahalanya untuk muslim yang lain, baik masih hidup maupun sudah meninggal, hukumnya dibolehkan, dan bisa bermanfaat baginya. Karena dia telah mendapatkan pahala.” (al-Iqna’, 1/236).

Pada dasarnya kata wakaf berasal dari kata wa-qa-fa. Yang artinya diam atau ditahan. Maknanya wakaf adalah memberikan harta kita bagi umat sepenuhnya, namun pahalanya akan terus mengalir selama masih digunakan dan bermanfaat bagi kebesaran Islam. Maka tak ada salahnya bila kita ingin berwakaf bagi orang lain. Kita akan mendapatkan pahala begitu pula orang yang diatasnamakan untuk berwakaf. Wallahu a’lam bish showaab.

Jangan lupa pantau terus media sosial kami untuk info terbaru lainnya. Jangan lupa follow, like, comment, dan share konten-konten di instagram @gelombangwakaf.id yaa.

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf