Hukum Berwakaf Untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

0
896

Sahabat wakaf, wakaf adalah salah satu bentuk ibadah yang menjadi amal jariyah bagi kita di akhirat. Namun memang tidak semua orang bisa berwakaf. Ada kalanya harta yang dimiliki hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Hingga suatu ketika hidup kita sudah berlebih, kita ingin membalas kebaikan orang tua tapi apa daya mereka sudah tiada. Maka apakah bisa kita berwakaf atas nama mereka? Apakah pahalanya akan sampai?

Dari sabda Rasulullah SAW : “ Dari Abdullah bin Abbas ra bahwa ibu Saad bin Ubadah meninggal dunia ketika ia tidak ada di tempat, lalu ia datang kepada Nabi Muhammad SAW dan bertanya  “Wahai Rasulullah, sesungguhnya ibuku telah meninggal sedang saya tidak ada di tempat, apakah jika saya bersedekah untuknya bermanfaat baginya”? Rasul SAW menjawab : “Ya”, Saad berkata : “Saksikanlah bahwa kebunku yang banyak buahnya aku sedekahkan untuknya”. (HR.Bukhari)

Dari hadits di atas kita bisa mengambil simpulan bahwa amal wakaf untuk orang muslim akan terus mendatangkan pahala baginya walaupun ia sudah tiada. Masya Allah, begitu banyak cara bagi kita untuk terus beramal dan berbuat kebajikan bagi sesama.

Jangan lupa pantau terus media sosial kami untuk info terbaru lainnya. Jangan lupa follow, like, comment, dan share konten-konten di instagram @gelombangwakaf.id yaa.

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf