Inilah Syarat Wakif Menurut 4 Madzhab

0
712

Wakif adalah sebutan bagi orang yang berwakaf. Untuk menjadi wakif ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, namun para fuqaha berbeda pendapat dalam memberikan syarat bagi wakif. Berikut syarat wakif menurut keempat imam besar :

1. Menurut Hanafiyah wakif disyaratkan harus memiliki kecakapan tabarru’, yaitu merdeka, dewasa dan berakal. Oleh karena itu wakaf yang dilakukan anak kecil (belim mumayyiz atau sudah), orang gila dan orang keterbelakangan mental (tidak sah). Sebab, mereka termasuk kedalam kategori orang tidak cakap tabarru’.

2. Menurut Malikiyah wakif disyaratkan harus dewasa, berakal, rela, sehat, tidak berada dibawah pengampunan, dan sebagai pemilik dari harta yang diwakafkan.

3. Menurut Syafi’iyah wakif hendaknya orang cakap tabarru’. Karena itu tidak sah wakaf anak kecil, orang gila, orang bodoh dan budak mukatabah.

4. Menurut Hanabilah syarat wakif ada 3. Pertama, pemilik harta. Maka tidak sah orang yang mewakafkan hak milik orang lain tanpa seijin pemiliknya. Kedua, diperbolehkan memmbelanjakan hartanya, karenanya tidak sah wakaf orang yang dibawah pengampunan dan orang gila. Ketiga, orang yang mengatas namakan orang lain, seperti orang menjadi wakil orang lain.

Dari syarat-syarat wakif yang dikemukakan para fuqaha diatas dapat dipahami bahwa wakif haruslah orang yang merdeka, dewasa, berakal sehat, pemilik harta atau wakilnya, rela dan sehat. Oleh sebab itu, wakaf tidak sah bila dilakukan oleh seorang budak, anak kecil, gila, dibawah pengampunan, idiot, terpaksa dan bodoh.

Sumber : Fikih Ruislagh

Wallahu’alam bishowab

Sahabat masih banyak edukasi wakaf menarik lainya, jadi jangan lupa follow, like, comment dan share konten-konten @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf