Kenapa saya harus wakaf?

0
37

Wakaf adalah salah satu ibadah sunnah dengan keutamaan yang luar biasa. Sebagai seorang Muslim, banyak manfaat yang kita peroleh jika mengamalkan wakaf diantaranya:

  1. Pahala tak terputus. Wakaf merupakan sedekah jariyah, yang bila kita amalkan akan mengalirkan pahala tak terputus. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)
  2. Wakaf memberikan kebahagiaan bagi siapa saja yang mengamalkan. Puncak bahagia tertinggi adalah memberi kepada sesama. Tak heran para miliarder di dunia kebanyakan adalah seorang filantropis karena berbagi kepada sesama adalah kebahagiaan hakiki. “Orang yang paling bahagia adalah orang yang telah berhenti nafasnya namun tidak berhenti pahalanya”. (Ibnu Qudamah – ahli fiqih)
  3. Menunaikan wakaf adalah wujud kebaikan yang sempurna. Sebagaimana firman Allah SWT: “Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.” (QS Ali Imran ayat 92)
  4. Balasan menunaikan wakaf adalah kebaikan hingga 700 kali lipat. Sebagaimana firman Allah SWT: “Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.” (Al Baqarah : 261)
    (QS Al Baqarah ayat 261)
  5. Dana wakaf dapat disalurkan ke berbagai sektor untuk kemajuan bangsa. Dengan berwakaf secara tidak langsung Anda membantu perekonomian bangsa karena wakaf bersifat fleksibel. Ia bisa disalurkan untuk berbagai bidang seperti kesehatan, pendidikan, pertanian, ibadah, dan masih banyak lagi.

Nantikan selalu update terbaru dari kami hanya di sini ya.