Menu Sehat dan Mudah Untuk Sahur

0
331

Hai Sahabat Wakaf.
Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Tidak hanya memiliki banyak nilai pahala, namun banyak kebaikan di dalamnya. Termasuk melatih kita untuk mengatur pola makan kita.

Rasulullah bersabda : “Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allâh dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur. [HR. Ahmad]

Berikut tips memilih menu makanan sehat dan mudah untuk sahur :

  1. Awali sahur dengan minum air mineral.
    Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.
  2. Mengkonsumsi buah dan kurma.
    Mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas, begitu juga kurma memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 50-70 persen kandungan glukosa dalam kurma sangat baik untuk menabung tenaga saat puasa. “Sahurnya orang Mukmin adalah buah kurma.” (HR Abu Daud)
  3. Pilihlah karbohidrat kompleks.
    Seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian.
  4. Sempurnakan sarapan sahur dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan potassium. Bisa ditemukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Hai Sobat Wakaf…
Salam produktif dari kami di bulan Ramadhan ini yaaa ☺️

Jangan lupa follow, like, comment, dan share konten-konten @gelombangwakaf.id yaa

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf