#MERDEKADANBERDAYA : Dedikasi Ustadz Haryono Untuk Kab. Kepulauan Sangihe

0
104
merdekadanberdaya

Kepulauan Sangihe adalah bumi subur sebagai penghasil kopra terbesar di Sulawesi utara. Pulau ini merupakan perbatasan antara pulau Sulawesi dan pulau Mindanao republik Filipina. Mayoritas Warga pulau Sangihe berprofesi sebagai petani kelapa dan sudah sangat terbiasa mengolah kelapa menjadi kopra. Selain kelapa, pulau ini juga memiliki beberapa hasil bumi lainnya seperti pala dan cengkeh. Namun sayang satu-satunya penyulingan cengkeh terbesar disini sudah tidak beroperasi lagi.

Adalah Haryono Sutikno yang sering dipanggil dengan Ust. Haryono, ia merupakan fasilitator desa berdaya yang dibina oleh Rumah Wakaf di Desa Beha Kepulauan Sangihe. Pria keturunan semarang yang lahir di Manado 49 tahun yang lalu ini melihat potensi alam melimpah berupa cengkeh dan sumber daya manusia yang belum dioptimalkan. Namun sayang, warga sudah terlalu nyaman berprofesi sebagai petani kelapa, karena sudah terbiasa mereka sulit menggarap potensi pertanian yang lain.

Namun akhirnya berkat kerja keras dan dedikasinya, kini Desa Beha mendapatkan amanah wakaf mesin penyuling cengkeh dari donatur Rumah Wakaf. Ia pun semakin bersemangat untuk menginisiasi para warga untuk mengolah cengkeh.

Alhamdulillah kini warga telah merdeka dari kungkungan zona nyaman. Tak hanya mengolah kelapa menjadi kopra warga pun mulai menyuling cengkeh bahkan sampah cengkeh (daun dan batang). Warga semakin berdaya, ustadz haryono pun bahagia.