Optimalisasi Tanah Wakaf Menjadi Produktif di Desa Palasari, Subang

0
9

Wakaf produktif merupakan kunci perbaikan ekonomi suatu bangsa. Aset wakaf seharusnya tidak hanya fokus pada sektor non produktif, aset wakaf bisa menjadi optimal jika dikelola secara kolaboratif sehingga bernilai produktif. Salah satu aset wakaf produktif Rumah Wakaf adalah tanah wakaf di Desa Palasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat yang disulap menjadi lahan pertanian.

Di atas lahan wakaf kini ditanami pohon mentimun. Komoditas pertanian ini disesuaikan dengan kondisi alam yang ada di wilayah tersebut. Deni Setiadi, usia 36 tahun, adalah salah satu petani yang ikut mengelola lahan tersebut dan bekerja sehari-hari sebagai seorang buruh tani. Deni mendapatkan sumber penghasilan tambahan dengan bekerja menggarap tanah pertanian ini. Hasil panen dari lahan kebun ini digunakan sebagai modal pembelian bibit, gaji para petani, dan digunakan juga untuk kegiatan sosial diantaranya untuk santunan guru ngaji yang ada di daerah sekitar kebun.

Melalui wakaf produktif, maka tanah wakaf akan memberikan manfaat dan tidak dibiarkan kosong begitu saja. Harapannya wakaf produktif mampu mensejahterakan masyarakat dan membantu perekonomian warga sekitar.