Ternyata Ada Masjid di Sri Lanka Berasal dari Wakaf Orang Indonesia

0
430

Masjid tersebut bernama Masjid Jum’ah Wekande atau dikenal sebagai Wekande Jummah Masjid dalam Bahasa Inggris. Pada abad ke-18 ketika Sri Lanka masih dijajah Belanda, Sri Lanka menjadi tempat pembuangan orang Indonesia. Lama kelamaan mereka membentuk komunitas Melayu yang menjadi cikal bakal komunitas Muslim di Sri Lanka. Salah satu bangsawan yang diungsikan ke sana adalah Pandan Bali, petinggi Muslim dari tanah jawa. Pendirian masjid berawal dari nazar Pandan Bali yang tak kunjung memiliki buah hati. Ketika nazarnya terkabul, ia membeli lahan penduduk Kolombo dan mewakafkannya untuk pembangunan masjid dan pemakaman khusus muslim. Seluruh biaya ditanggung olehnya. Masjid dikelola oleh Sabu Latif, orang Indonesia asal Kalimantan, sebagai khatib yang hingga kini posisi tersebut masih dipegang oleh keturunannya.

Hingga kini Masjid Jum’ah Wekande masih berdiri tegak dan menjadi simbol Islam di negeri kepulauan ini. Untuk menampung jama’ah, berkat sumbangan para dermawan perluasan masjid sudah dilakukan beberapa kali. Para donatur tidak hanya berasal dari Sri Lanka, ada pula dari negara Qatar dan Pakistan. Selain masjid, ada juga madrasah yang mengajarkan agama, Bahasa Arab, dan Al Quran. Madrasah berdiri sejak tahun 1997 dan memiliki murid hingga 100 santri. Seluruh alat tulis dan buku-buku disediakan gratis bagi seluruh santri. Tak heran madrasah Wekande banyak menghasilkan alumni yang menjadi penghapal Al Quran.

Waah ternyata banyak sekali ya jejak Muslim Indonesia di kancah internasional. Jika Sahabat berkunjung ke Sri Lanka, Sahabat bisa mengunjungi Masjid Jum’ah Wekande di Kolombo. Hai Sahabat Wakaf… Salam produktif dari kami di bulan Ramadhan ini yaaa. Jangan lupa follow, like, comment, dan share konten-konten @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf