Ternyata Bangladesh Adalah Negara Pelopor Sertifikat Wakaf Tunai

0
279

Bangladesh adalah salah satu negara di Asia Selatan yang berbatasan langsung dengan India dan Pakistan. Dilansir dari laporan Poverty and Shared Prosperity 2018 oleh Bank Dunia, Bangladesh menduduki posisi ke-5 sebagai negara dengan kesenjangan tinggi antara kaum miskin dan kaya. Namun yang patut diacungi jempol, ternyata menurut data Biro Statistik Bangladesh tingkat kemiskinan telah menurun jauh dari 44,2% di tahun 1991 menjadi 15% saja di tahun 2016-2017.

Dengan jumlah muslim sebanyak 88,3%, kita patut tahu bahwa ada peran wakaf yang turut mendorong perbaikan ekonomi di Bangladesh. Di tahun 1995 M.A. Mannan, ahli ekonomi Bangladesh, mencetuskan wakaf tunai sebagai salah satu senjata mengentaskan kemiskinan. Melalui Social Investment Bank Limited (SIBL), dana wakaf dikelola sedemikian rupa dalam bentuk Sertifikat Wakaf Tunai. Dana tersebut disalurkan dengan membangun sarana dan prasarana bagi rakyat kecil seperti rumah sakit, beasiswa, pertolongan bagi kaum yatim piatu, pemukiman layak huni, dan banyak kebaikan abadi lainnya. Hasilnya, dana wakaf akan terus mengalir menjadi besar dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat yang membutuhkan.

Melalui terobosan Sertifikat Wakaf Tunai, setiap orang bisa berwakaf. Tidak hanya orang berada, masyarakat kaum menengah juga bisa membelinya dan turut berkontribusi nyata bagi umat.

Masih banyak info dan fakta mengenai wakaf yang biasa kami share di website resmi Rumah Wakaf, Gelombang Wakaf di new.gelombangwakaf.id dan akun Instagram @gelombangwakaf.id . Jangan lupa share konten menarik lainnya yang bisa Sahabat dapatkan hanya disini.