Ternyata Biaya Kuliah di Al Azhar Gratis Berkat Wakaf

0
36

Setiap tahun Universitas Al Azhar membagikan beasiswa kepada para pelajarnya. Sebagaimana testimoni dari para lulusan Al Azhar, biaya kuliah di sana gratis tak berbayar. Darimana dana itu didapat? Semua berasal dari wakaf. Setiap waktu selalu ada orang yang berwakaf baik itu wakaf uang, gedung, tanah, maupun wakaf benda. Semuanya dikelola secara profesional sehingga hasilnya terus berputar dan kembali pada umat. Dana wakaf digunakan untuk pembangunan rumah sakit, pemberian modal usaha, bahkan mengirimkan dai dan dosen ke seluruh dunia. Tak heran dana wakaf Al Azhar mencapai sepertiga kekayaan Mesir.

Berkat wakaf dari Muslim Mesir, Universitas Al Azhar memiliki aset wakaf produktif yang beragam antara lain beberapa rumah sakit yaitu Rumah Sakit As Sayyid Jalal Al Jami’ dan Rumah Sakit Thal’at. Yayasan Shalah Kamil mewakafkan uang tunai 20.000 pound setiap tahun untuk keperluan Fakultas Perdagangan Al Azhar dan membangun gedung sebagai pusat kajian ekonomi Islam. Beberapa ulama dan orang kaya Mesir juga mewakafkan harta bendanya seperti gedung asrama mahasiswa, perpustakaan, dan gaji untuk setiap orang yang bekerja di sana.

Wakaf Al Azhar Mesir adalah contoh bagaimana pengelolaan wakaf produktif yang terus menghasilkan dan mengalirkan pahala sekaligus berperan pada kemajuan Mesir secara keseluruhan. Tak heran para pelajar di seluruh dunia berbondong-bondong ingin kuliah di sana dan para alumni Al Azhar memiliki prestise sendiri di masyarakat umum.

Tunggu selalu update fakta wakaf dari kami di sini ya. See you Sahabat Wakaf!