TERNYATA GONTOR ADALAH SALAH SATU PONDOK PESANTREN HASIL DARI WAKAF

0
838

Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo (PMDG) atau lebih dikenal dengan Pondok Modern Gontor, yang terletak di kecamatan Mlarak kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Pesantren yang telah berdiri sejak tahun 1926 ini terkenal dengan penerapan disiplin, penguasaan bahasa asing (Arab dan Inggris), kaderisasi dan jaringan alumni yang sangat kuat. Selain itu pesantren ini tumbuh dan berkembang hasil dari wakaf produktif yang dijalankan, pesantren ini tercatat memiliki aset wakaf produktif berupa 1740 ha lahan kering untuk perkebunan dan 1853 ha sawah yang masih produktif.

Hasil dari wakaf produktif dari Pondok Modern Gontor ini digunakan untuk pengelolaan pesantren, usaha keagamaan dan kegiatan sosial lainnya. Disebutkan bahwa pengelolaan wakaf pada tingkat tertentu telah suksen menjamin keberlangsungan tradisi pendidikan di Pondok Modern Gontor yang telah berusia 93 tahun tersebut.

Hingga sekarang, pondok ini memiliki 7 cabang, satu diantaranya pondok putri. Selain itu, dari segi aset wakaf berupa tanah wakaf, pondok Modern Gontor mmiliki 320 ha yang awalnya hanya seluas 18,59 ha. Perluasan dilakukan melalui pembelian harta wakaf atau melalui sumbangan masyarakat. Hal yang paling penting juga adalah adanya manfaat dari hasil wakaf yang digunakan untuk subsidi siswa atau mahasiswa guna meringankan mereka dalam membayar uang sekolah.

Luar biasa sekali, sebuah pesantren bisa tumbuh dan berkembang hasil dari wakaf.

Masih ragu untuk berwakaf?
Tunggu apalagi tunaikan wakaf terbaik anda sekarang juga.
Link Wakaf Tunai >> https://sharinghappiness.org/collabs/gelombangwakaf

Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555

Yuk follow fanpage dan ig @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf