Ternyata Inilah Beberapa Negara yang Sudah Mengelola Wakaf secara Profesional

0
15

Wakaf yang awalnya merupakan bentuk sedekah untuk menolong sesama ternyata bisa menjelma menjadi lebih besar dan berperan besar dalam kemajuan suatu bangsa. Di beberapa negara, wakaf sudah dikelola secara profesional berikut adalah ringkasannya:

  1. Bangladesh. Salah satu produk wakaf unggulan di Bangladesh adalah sertifikat wakaf uang yang dikeluarkan oleh Social Investment Bank Limited (SIBL).
  2. Arab Saudi. Membentuk Kementerian Haji dan Wakaf yang bertugas mengelola wakaf di Arab Saudi. Salah satu fokus pemanfaatan wakaf adalah memelihara fasilitas haji dan umroh di Makkah dan Madinah.
  3. Malaysia. Pengelolaan wakaf di Malaysia sudah mengarah ke arah produktif. Banyak lahan wakaf yang digunakan untuk infrastruktur pendidikan dan kesehatan. Contoh lainnya melalui Johor Corporation ditunaikan wakaf korporat yang mengadaptasi wakaf saham sesuai syariah.
  4. Singapura. Wakaf dikelola secara terpusat oleh Majlis Ugama Islam Singapura (MUIS) dan melalui badan usaha Warees Investment Pte Ltd. aset wakaf peninggalan sejak zaman dahulu dikelola agar selalu produktif.
  5. Brunei Darussalam. Pengelolaan wakaf di negara Brunei Darussalaam secara formal berada di
    bawah Majlis Ugama Islam Brunei (MUIB).
  6. Pakistan. Salah satu perusahaan besar yang diwakafkan untuk umat adalah Hamdard Waqf Laboratories, yang didirikan oleh Hamdard sebuah perusahaan farmasi ternama.
  7. Turki. Memiliki banyak aset wakaf peninggalan Dinasti Ustmaniyyah dan seluruh wakaf dikelola di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Wakaf Turki.
  8. Kuwait. Membentuk Kuwait Awqaf Public Foundation (KAPF) yang bertanggung jawab mengelola aset wakaf.

Selain negara-negara di atas, masih banyak contoh pengelolaan wakaf di negara lainnya. Bila ada kesempatan kami akan menyajikannya di lain waktu. Tunggu selalu update fakta wakaf dari kami di sini ya. See you Sahabat Wakaf!