Ternyata Inilah Bunyi Ikrar Wakaf Habib Bugak Asyi

0
272
wakaf habib bugak asyi

Tahun ini jamaah haji Aceh yang mendapat dana wakaf 22 miliar

Ya, para jamaah haji asal Aceh mendapat manfaat wakaf dari Habib Bugak Asyi. Di awal tahun 1800-an, beliau berangkat haji dan mewakafkan tanah dan rumah miliknya di Makkah yang dekat dengan Masjidil Haram. Dikutip dari biografi Habib Adurrahman bin Alwi al-Habsyi (Habib Bugak Aceh) yang dikaji dan ditulis Prof Dr Syahrizal Abbas MA, Kamaruzzaman Bustaman-Ahmad PhD, Dr Munawar A Djalil MA, Dr Khairuddin, dan Ir Sulaiman AW MP. Berikut adalah bunyi ikrar wakafnya:

“Rumah tersebut (Baitul Aysi) dijadikan tempat tinggal jamaah haji asal Aceh yang datang ke Mekkah untuk menunaikan ibadah haji dan juga tempat tinggal orang asal Aceh yang menetap di Mekkah. Sekiranya karena sesuatu sebab tidak ada lagi orang Aceh yang datang ke Mekkah untuk haji, maka rumah wakaf ini digunakan untuk tempat tinggal para pelajar (santri atau mahasiswa) Jawi,”. (Jawi istilah yang waktu itu digunakan untuk menyebut pelajar atau mahasiswa wilayah Asia Tenggara) yang belajar di Mekkah).
“Sekiranya karena sesuatu sebab mahasiswa Asia Tenggara pun tidak ada lagi yang belajar di Mekkah maka rumah wakaf ini digunakan untuk tempat tinggal mahasiswa Mekkah yang belajar di Masjidil Haram, sekiranya mereka inipun tidak ada juga, maka wakaf ini diserahkan kepada Imam Masjidil Haram untuk membiayai keperluan Masjidil Haram.”

Masya Allah tak terbayang betapa besar pahala mengalir yang Allah berikan kepada Habib Bugak Asyi. Manfaat wakafnya sangatlah masif dan nyata kepada kaum Muslim Indonesia. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang gemar berwakaf. Aamiin.