Ternyata Jawa Tengah Memiliki Jumlah Tanah Wakaf Terbanyak di Indonesia

0
215

Dikutip dari website http://bwi.or.id Provinsi Jawa Tengah memiliki jumlah tanah wakaf paling banyak diantara provinsi lainnya di Indonesia. Tercatat sampai saat ini terdapat 103.294 tanah wakaf yang tersebar di seluruh daerah Jawa Tengah. Disusul oleh Provinsi Jawa Barat di posisi kedua dengan jumlah tanah wakaf sejumlah 74.860 lokasi. Pemanfaatan tanah wakaf sebagian besar digunakan sebagai masjid, musholla, dan sekolah.

Di Jawa Tengah sendiri praktik wakaf sudah berjalan sejak zaman dahulu. Di abad 15 dibangunlah Masjid Agung Demak oleh Raden Patah. Hingga saat ini Masjid Agung Demak masih tegak berdiri dan dikunjungi oleh para muslimin dan muslimat saat berkunjung ke Demak. Salah satu tanah wakaf lainnya adalah Masjid Agung Semarang. Meski sempat mengalami beberapa kendala, pada tahun 1980 menurut keputusan Menteri Agama no. 12 tahun 1980, bahwa harta yang dimiliki Masjid Agung Semarang sebanyak 129 ha terletak menyebar di Semarang, Demak dan Kendal. Pada tahun 1999 akhirnya tanah tersebut dapat dimiliki seutuhnya oleh Masjid Agung Semarang. Selama itu, salah satu tanah dimanfaatkan sebagai SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Tanah tersebut dimanfaatkan secara nyata dan hasilnya digunakan untuk memajukan Masjid Agung Semarang. Inilah contoh wakaf produktif, dimana hasilnya terus mengalir dan memberikan manfaat bagi umat. Sebagaimana hadits Rasulullah yang diriwayatkan Muslim:

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh”

Simak terus ulasan fakta dan artikel terbaru tentang wakaf hanya di webiste rumahwakaf.com dan jangan lupa follow instagram @gelombangwakaf.id untuk info ter-update lainnya. See you Sahabat Wakaf!