TERNYATA MASJID AGUNG DEMAK ADALAH WAKAF MASJID TERTUA DI PULAU JAWA

0
388

Inilah Masjid Agung Demak, yang merupakan masjid tertua di Pulau Jawa. Masjid yang berstatus wakaf ini terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Masjid Agung Demak telah berdiri sejak abad ke-15 atau tepatnya sejak tahun 1474 M dan dibangun oleh sultan pertama dari Kesultanan Demak bernama Raden Patah, serta para Wali Songo yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa. Kabarnya, pembangunan masjid tersebut selesai dalam waktu tak lebih dari sehari.

Selama “hidupnya”, Masjid Agung Demak sudah mengalami beberapa kali pemugaran, di antaranya pada masa Paku Buwono I (1710 Masehi), dan masa pemerintahan Hindia Belanda tahun 1848.
Tetapi pemugaran itu masih bersifat sebagian-sebagian, seperti misalnya, memperkuat tiang-tiang utama dengan memberikan pelapis kayu dengan klem-klem besi (tahun 1848), atau mengganti sirap pada atap masjid (pada 1710 Masehi).
Sedangkan pemugaran yang sifatnya menyeluruh dan terpadu, baru dilakukan selama lima tahun terakhir, yaitu sejak 1982/1983 sampai dengan 1986/1987.

Hingga sekarang masjid selalu dikunjungi oleh masyarakat yang ingin wisata religi, baik dari dalam maupun luar negeri.

Sahabat, luar biasa sekali masjid yang menjadi saksi sejarah penyebaran islam di Indonesia masih ada dan berdiri tegak meneduhkah setiap Hamba Allah yang beribadah didalamnya. Bahkan Masjid Agung Demak pernah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1995.

Mau tahu fakta wakaf lainnya?
Yuk follow fanpage dan ig @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf