Ternyata Masjid Merah Muda di Filipina ini Berasal dari Wakaf

0
205

Dari jauh kita bisa melihat bangunan seperti rumah barbie dengan warna shocking pink yang mencolok mata. Ternyata bangunan itu adalah sebuah masjid yang eksis sejak Bulan Ramadhan tahun 2014. Masjid ini terletak di Pulau Mindanao tepatnya di kota Datu Saudi-Ampatuan, Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan. Masjid ini berdiri di tanah wakaf Mayor Samsudin Dimaukom. Sesuai tradisi Melayu, penamaan masjid disesuaikan dengan pemberi nama wakaf. Maka jadilah masjid ini dinamakan Masjid Dimaukom.

Yang istimewa pembangunan masjid ini dikerjakan oleh seluruh pekerja yang beragama kristen. Ya, di Filipina agama islam merupakan minoritas karena mayoritas penduduknya memeluk agama kristen. Arsitektur masjid terdiri atas 9 kubah dengan lafadz tauhid di gerbang depan. Warna pink masjid berasal dari inisiatif istri Datu Samsudin. Hingga saat ini terdapat 4 masjid merah muda, yaitu di Iran, Malaysia, dan Turki. Pemilihan warna merah muda bukan tanpa sebab, karena warna pink melambangkan persatuan, cinta kasih, dan toleransi antara umat Muslim dan Kristen. Diharapkan Masjid Dimaukom bisa menjadi simbol persahabatan umat beragama di Filipina.

Jika sahabat berkunjung ke Filipina, jangan lupa kunjungi Masjid Dimaukom. Suasananya yang indah akan membuat ibadah kita menjadi lebih bermakna dan khusyu’
Yuk follow terus @gelombangwakaf.id untuk fakta wakaf menarik lainnya. See you soon Sahabat Wakaf!