TERNYATA MENUNAIKAN WAKAF DI TURKI SUDAH MENJADI TRADISI

0
270

Sejarah wakaf di Turki dapat dikatakan sangat tua, sebab sejak masa kekuasaan Turki Utsmani wakaf telah menghidupi berbagai pelayanaan publik dan menopang pembiayaan berbagai bangunan seni dan budaya. Jenis wakaf yang populer pada masa itu adalah berbagai jenis properti yang tidak bergerak dan wakaf tunai, yang telah dipraktekkan sejak awal abad ke-15 M. Tradisi ini secara ekstensif terus berlangsung sepanjang abad ke-16 M.

Mengenai potensi dan peruntukannya wakaf di Turki, berdasarkan data tahun 1987, Ditjen wakaf Turki mengelola sejumlah 37.917 wakaf, yang terdiri dari masjid (4.400), asrama mahasiswa (500), pusat bisnis (453), hotel (150), toko (5.348), apartemen (2.254), properti lain (24.809). Tak terbanyang pertambahan wakaf ditahun-tahun setelah itu, sebab wakaf telah dijadikan tradisi bahkan masyarakat Turki menggelar charities week (minggu wakaf) di setiap bulan Desember sejak tahun 1983 yang digawangi Direktorat jendral wakaf disana.

Dari data mengenai jumlah, ragam potensi dan peruntukan wakaf diatas, tergambar dengan jelas besarnya potensi wakaf. Selain itu corak wakaf di Turki sangatlah beragam, setidaknya mencakup tiga aspek utama, yakni ibadah (masjid-masjid), sosial-kemasyarakatan (layanan kesehatan dan pendidikan), dan ekonomi – bisnis (pusat bisnis, aktivitas ekonomi dan jasa). Hal ini merupakan contoh keberhasilan dalam peningkatan produktifitas wakaf.

Sahabat kini saatnya kita wujudkan wakaf Indonesia yang produktif seperti wakaf di Turki.
Tunggu apalagi tunaikan wakaf anda sekarang juga.
Link Wakaf Tunai >> https://sharinghappiness.org/collabs/gelombangwakaf

Konsultasi wakaf melalui Wa Center di 0815 7300 1555