Ternyata Perusahaan Farmasi Terbesar di Pakistan Diwakafkan Untuk Umat

0
85

Hamdard adalah perusahan farmasi terbaik di Pakistan dan pertama kali didirikan pada tahun 1906 di India oleh Hakeem Hafiz Abdul Majeed. Perusahaan ini terus berkembang dan setelah sang pendiri wafat, usaha diteruskan oleh kedua anaknya Hakim Abdul Hamid dan Hakim Muhammad Said. Di tahun 1947, Hakim Muhammad Said memindahkan Hamdard ke Pakistan. Hingga akhirnya di tahun 1953, ia mendeklarasikan Hamdard sebagai wakaf bagi umat Muslim. Seluruh laba dari Hamdard dialokasikan bagi kepentingan pendidikan dan sosial melalui Hamdard (Waqf) Laboratories.

Dana wakaf yang terkumpul digunakan untuk kepentingan umat. Pembangunan Madinat Al Hikmah sebagai City of Education berdiri di lahan seluas 120 hektar di Karachi yang semuanya didanai oleh wakaf. Di bidang pendidikan, dana wakaf digunakan untuk membangun Universitas Hamdard yang dilengkapi dengan perpustakaan dengan koleksi buku mencapai 2 juta biji. Selain itu mahasiswa yang berprestasi juga berhak mendapatkan beasiswa dengan jumlah yang fantastis. Di bidang kesehatan, dibangun juga rumah sakit dan pengobatan gratis bagi kaum papa. Selain di Pakistan, Hamdard (Waqf) Laboratories juga didirikan di India dan Bangladesh. Masih banyak aset produktif yang dikelola secara profesional dan semua penghasilannya ditujukan untuk kemanusiaan.

Masya Allah, luar biasa sekali ya Sahabat kekuatan dari wakaf. Semoga kita juga bisa menggiatkan wakaf di keseharian kita. Salam produktif dari kami Sahabat Wakaf.