Ternyata Rumah Proklamasi Merupakan Wakaf Saudagar Kaya dari Yaman

0
53
rumah proklamasi wakaf

Rumah proklamasi terletak di Jalan Pegangsaan Timur no.56 Jakarta. Tahukah Sahabat? Ternyata rumah itu merupakan milik Faradj Martak saudagar asal Yaman yang diwakafkan kepada Indonesia. Malam hari sebelum kemerdekaan, Soekarno beserta golongan tua dan muda berkumpul di sini untuk merumuskan naskah proklamasi.Di sinilah Ibu Fatmawati menjahit Bendara Pusaka Sang Merah Putih dan tempat diproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah proklamasi Bung Karno pun tetap berdiam di rumah ini hingga tahun 1962.

Faridj Martak memang bukan orang Indonesia asli, tapi semangatnya untuk Bangsa Indonesia patutlah diacungi jempol. Berkat jasanya Bung Karno memberikan ucapan terima kasih secara resmi pada Faradj Martak di tahun 1950. Selain memberikan rumahnya kepada Indonesia, ia juga mewakafkan tanah dan membangun masjid besar Al Azhar di Kebayoran Baru.

Kini rumah proklamasi sudah tidak bisa ditemukan lagi, sebagai gantinya dibangunlah tugu proklamasi untuk mengenang peristiwa paling bersejarah di detik-detik kemerdekaan Bangsa Indonesia. Sebagai anak bangsa Indonesia mari kita ikuti jejak dan semangatpara pejuang untuk mengisi kemerdekaan dengan amal dan perbuatan baik.