Ternyata Wakaf di Malaysia Sudah Dikelola Secara Profesional

0
313

Malaysia adalah negara jiran yang berbatasan langsung dengan Indonesia. Pengelolaan wakaf secara profesional sudah berjalan sejak lama. Untuk mengembangkan harta wakaf, investasi dilakukan melalui instrumen sukuk dan Pasar Modal Malaysia yang diterbitkan oleh Suruhanjaya Sekuriti pada Februari 2001. Penerbitan Saham Wakaf dilakukan oleh beberapa negeri seperti Johor, Melaka, dan Selangor. Hal ini dilakukan sesuai dengan keputusan Majma’ Fiqh Islami pada 24 November 2005. Saat ini luas tanah wakaf di Malaysia mencapai 20.735,61 hektar. Berdasarkan Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (OAKIM), wakaf dikelola secara produktif dengan sistem sewa. Hasil sewa digunakan untuk pemberdayaan umat. Seperti membangun masjid, pemakaman, sekolah, penyaluran ke panti asuhan, panti jompo, dan tak lupa membayar gaji para pengurus yang terlibat di dalamnya.

Untuk pengelolaan wakaf tunai, dibentuk Badan Wakaf bernama Pelan Takaful Wakaf oleh Syarikat Takaful Malaysia Berhad yang berdiri sejak tahun 1997. Organisasi ini dijalankan berdasarkan pada prinsip mudharabah. Bisa dibilang wakaf sudah dikelola secara maksimal di Malaysia. Kita bisa melihat bangunan pelayanan publik yang berasal dari wakaf dan sudah tersebar di seluruh penjuru Malaysia. Sebagai contoh dana wakaf digunakan untuk membangun hotel syari’ah. Salah satunya adalah hotel di Negeri Sembilan, negara bagian Malaysia, yang dibangun di tempat pariwisata dengan pemandangan pantai yang indah.

Pengelolaan wakaf di Malaysia bisa menjadi contoh bagi Indonesia agar wakaf menjadi lebih produktif. Melalui wakaf perekonomian negara akan menjadi maju dan kebutuhan rakyat akan terpenuhi.

Tunggu selalu update fakta wakaf dari kami hanya di ig @gelombangwakaf.id . Sahabat juga bisa mengunjungi website resmi kami.