Ternyata Wakaf Digunakan untuk Mendanai Pendidikan di Era Kejayaan Islam

0
19
wakaf untuk pendidikan

Wakaf adalah instrumen syariah yang bisa menjadi modal untuk membiayai bidang pendidikan. Ternyata di era kejayaan Islam, hasil wakaf untuk pendidikan menempati urutan kedua setelah wakaf untuk masjid. Tercatat sejak abad ke-7 pendidikan dibiayai oleh hasil wakaf dan sumbangan masyarakat.

Tidak hanya uang, wakaf diberikan dalam bentuk tanah sebagai wakaf untuk menopang pembiayaan madrasah. Mekanisme seperti ini dilakukan oleh penguasa di era Dinasti Fatimiah (910-1171), Dinasti Ayyubiah (1171-1249), dan Dinasti Mamluk (1249-1571) di Palestina dan Mesir. Di awal abad ke-12 terdapat kurang lebih 64 sekolah di Jerussalem yang berasal dari wakaf. Madrasah tersebut mendapat dana dari penghasilan tanah-tanah wakaf yang tersebar di Palestina, Syiria, dan Turki.

Biaya pendidikan tidak hanya terbatas pada studi agama saja, melainkan ilmu-ilmu lain dalam lingkup sains juga mendapat suntikan dana wakaf. Berkat wakaf, pendidikan tidak hanya milik yang kaya, orang yang tidak punya uang pun bisa mengecap bangku sekolah.

Tak heran di zaman tersebut, banyak ulama dan cendekiawan Muslim terkemuka walaupun mereka berasal dari keluarga tidak mampu. Di antara lembaga pendidikan wakaf yang masih bertahan hingga saat ini adalah Universitas Al Azhar, Nizamiyah, Al Qawariyyin, dan lainnya.

source : Peran Wakaf dalam Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam, Arif Zamhari, Jurnal Al Awqaf Vol.6 No.1 Januari 2013