Ternyata Wakaf Kekalkan Kebaikan di Mesir

0
140

Mesir memiliki sejarah peradaban yang panjang…

Mesir adalah negeri dengan peradaban tua yang masyhur ke seluruh dunia. Orang Mesir dikenal sebagai pribadi yang dermawan, mereka senang memberi dan mengasihi sesama. Tanah wakaf di Mesir juga sangatlah luas dan memberikan manfaat bagi orang banyak. Di tahun 1949, tercatat 12,5% lahan pertanian Mesir adalah tanah wakaf. Salah satu lembaga pionir wakaf di Negeri Piramid ini adalah Al-Jam’iyah Al-Syar’iyah yang didirikan pada tahun 1912 M. Fokus utamanya bergerak di bidang kemanusiaan dan membantu umat Islam yang beramal dengan Al Quran dan sunnah Rasulullah. Berkat wakaf Al-Jam’iyah Al-Syar’iyah berhasil bertahan lebih dari seabad dan terus menebarkan kebaikan.

Program wakaf lembaga difokuskan pada tiga inti yaitu proyek dakwah dan pendidikan, sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan, dan proyek kesehatan. Untuk bidang pendidikan, setiap tahun mereka menggelontorkan beasiswa bagi mahasiswa asing yang menuntut ilmu di Universitas Al Azhar. Penerima beasiswa mencapai 7000 orang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Bantuan kemanusiaan diberikan kepada orang tidak mampu dan menjangkau ke penduduk Muslim di negara tetangga seperti Palestina, Bangladesh, Somalia, dan masih banyak lagi. Untuk fasilitas kesehatan terdapat rumah sakit dan poliklinik yang dimiliki sebagai aset Al-Jam’iyah Al-Syar’iyah.

Wah, luar biasa ternyata banyak sekali manfaat wakaf bagi umat. Sudah selayaknya kita sebagai seorang Muslim turut mengamalkan wakaf dalam kehidupan sehari-hari.