Ternyata Wakaf Membuat Biaya Berobat di Rumah Sakit ini Menjadi Lebih Terjangkau

0
133

Berkat wakaf biaya rumah sakit ini menjadi lebih terjangkau…

Wakaf yang kali ini kita bahas adalah wakaf rumah sakit yang terletak di Pakistan, salah satu negara Islam yang terletak di Asia Selatan. Ishak Haroon (waqf) Hospital merupakan wakaf dari Mrs Azmatul Nisa. Rumah sakit tersebut hanya mengenakan biaya yang minim kepada para pasiennya. Pasien yang berobat hanya membayar 40 rupees yaitu sekitar 4.000 rupiah untuk berobat umum dan 100 rupees sama dengan 10.000 rupiah untuk berobat ke spesialis.

Di dalam rumah sakit disediakan kotak donasi bagi siapa saja yang mau menyumbang dan rekening khusus untuk infak, zakat, dan wakaf. Beberapa orang juga mewakafkan rumahnya sehingga bangunan rumah sakit terus berkembang luas. Jadi, rumah sakit terdiri atas beberapa bangunan dengan bangunan utama 3 lantai dan rumah-rumah di sekelilingnya. Untuk menjaga kepercayaan umat, di akhir tahun Ishak Haroon (waqf) Hospital merilis laporan keuangan yang memuat donasi dari para donatur rumah sakit.

Wah, betapa besar ya manfaat yang didapat dari wakaf. Hal ini membuktikan bahwa wakaf mendorong kesetaraan manusia untuk mendapat sarana kesehatan yang layak. Tanpa adanya wakaf, setiap yang miskin bisa saja kesulitan mencari uang untuk biaya berobat. Berkat bantuan wakif dan sistem pengelolaan yang baik wakaf dapat berlangsung berkesinambungan memberi manfaat bagi sesama.