Wakaf, Amal Ibadah yang Diatur Dalam Undang-Undang

0
93

WAKAF, AMAL JARIYAH YANG TERMAKTUB DALAM UNDANG-UNDANG

Amal jariyah adalah sebutan bagi amalan yang terus mengalir pahalanya, walaupun orang yang melakukan amalan tersebut sudah meninggal dunia. Amalan tersebut terus menghasilkan pahala yang terus mengalir kepadanya.

Wakaf adalah amal jariyah. Secara umum wakaf dapat diartikan menciptakan harta benda produktif yang terbebas dari campur tangan pribadi individu dimana hasil keuntungannya dari harta benda tersebut dimanfaatkan untuk tujuan tujuan kemasyarakatan baik itu sosial, pendidikan, agama maupun kesehatan.

Amal ibadah wakaf selain tecantum pada Al-Quran dan atau hadits, wakaf ini dikuatkan dengan hukum dan perundang-undangannya termaktub pada UU Tahun 2004 No. 41 yang berisi segala peraturan mengenai wakaf di Indonesia serta pelaksanaannya dituangkan dalam UU Tahun 2006 No. 42.

Begitu dahsyatnya wakaf, dicontohkan oleh Rasulullah SAW dan para sahabat serta dikuatkan pengamalannya oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia. Tak ada lagi alasan untuk ragu berwakaf, contoh syariahnya sohih, undang-undangnya berlaku.

Yuk sahabat, jangan ragu untuk mewakafkan harta terbaikmu!

Hai Sahabat Wakaf…
Salam produktif dari kami di bulan Syawal ini yaaa ☺️