Wakaf Klinik, Fasilitas Kesehatan Bagi Warga Kurang Mampu

0
30
wakaf klinik rumah wakaf

Program wakaf Rumah Wakaf menghadirkan wakaf klinik sebagai salah satu bentuk pengabdian sosial kepada masyarakat. Sejak peresmian 4 tahun lalu tepatnya di tahun 2015, wakaf produktif yang digulirkan Rumah Wakaf Indonesia bersama Rumah Zakat sudah melayani banyak masyarakat sebagai penerima manfaat wakaf. Salah satu wakaf produktif yang digunakan untuk fasilitas kesehatan masyarakat adalah bangunan Klinik Pratama yang terletak di Jl. Sompok No. 70, Semarang.

Klinik RBG (Rumah Bersalin Gratis) Semarang telah memberikan layanan gratis pada warga kurang mampu yang memerlukan fasilitas layanan bersalin terpadu atau pengecekan kesehatan. Di tahun 2018 angka penerima manfaat Klinik RBG Semarang sebanyak 1.056 Persalinan, 63.017 Poli Umum dan 31.783 Poli KIA.

Program yang ditawarkan Klinik RBG Semarang meliputi pelayanan bersalin gratis (keluarga berencana dan ibu hamil), klinik umum, siaga sehat, siaga posyandu dan layanan pengantaran ambulance gratis. Hingga saat ini Klinik Pratama Semarang telah dilengkapi 4 unit ambulance gratis dan layanan kesehatan umum.

Program Rumah Bersalin Gratis dapat dimanfaatkan secara gratis oleh mustahik yang terdaftar sebagai member di Layanan Kesehatan Gratis Rumah Zakat. Program Rumah Bersalin Gratis bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan anak dan meringankan beban masyarakat dhuafa. Selain itu, dengan program ini diharapankan dapat menarik minat masyarakat dhuafa terhadap pentingnya pemeliharaan kesehatan kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan, termasuk perencanaan keluarga. Donasi wakaf yang telah diberikan melalui Rumah Wakaf disalurkan secara produktif dengan pembangunan fasilitas kesehatan untuk warga Semarang.