Wakaf Produktif

Wakaf produktif adalah sebuah skema pengelolaan donasi wakaf dari umat, yaitu dengan memproduktifkan donasi tersebut, hingga mampu menghasilkan surplus yang berkelanjutan. Donasi wakaf dapat berupa benda bergerak, seperti uang dan logam mulia, maupun benda tidak bergerak, seperti tanah dan bangunan. Surplus wakaf produktif inilah yang menjadi sumber dana abadi bagi pembiayaan kebutuhan umat, seperti pembiayaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Pada dasarnya wakaf itu produktif dalam arti harus menghasilkan karena wakaf dapat memenuhi tujuannya jika telah menghasilkan dimana hasilnya dimanfaatkan sesuai dengan peruntukannya (mauquf alaih). Orang yang pertama melakukan perwakafan adalah Umar bin al Khaththab mewakafkan sebidang kebun yang subur di Khaybar. Kemudian kebun itu dikelola dan hasilnya untuk kepentingan masyarakat. Tentu wakaf ini adalah wakaf produktif dalam arti mendatangkan aspek ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Program Wakaf Produktif Rumah Wakaf Indonesia adalah menciptakan aset wakaf yang benilai ekonomi, dengan selogannya “Anda Wakafkan, Kami Produktifkan”. Termasuk dicanangkannya Gerakan Nasional Wakaf Uang oleh Presiden Republik Indonesia pada tanggal 8 Januari 2010. Wakaf uang sebagi fungsi komoditi selain fungsi nilai tukar, standar nilai, alat saving adalah untuk dikembangkan dan hasilnya disalurkan untuk memenuhi peruntukannya.

Program Wakaf Produktif Rumah Wakaf Indonesia adalah :

1. Wakaf Produktif Sekolah

Merupakan Wakaf produktif dibidang pendidikan yang dikelola secara komersil dimana hasil pengeleloaannya untuk program mauquf alaih ( sosial kemasyarakatan). Model pendidikan sekolah yang dibangun adalah sekolah berbasis entrepreneurship dan akhlaq, Sehingga sekolah dapat mencetak siswa siswi berjiwa entrepreneurs dan memiliki kepribadian positif.

Value Program Wakaf Produktif Sekolah :

  1. Program populis dan sustainable
  2. Hasil pengelolaan sekolah untuk program mauquf alaih
  3. Branding mitra jika 100% suport
  4. mencetak generasi entrepreneur yang Qurani

 

2. Wakaf Produktif Klinik Pratama

Merupakan Wakaf produktif dalam program Klinik yang dikelola dengan bisnis dimana hasil pengelolaannya untuk program mauquf alaih ( sosial kemasyarakatan).

Dengan spesifikasi sebagai berikut :

  1. Klinik Utama dan atau Klinik Pratama komersial.
  2. Aset Klinik dari dana Wakaf Produktif.
  3. Management Klinik yang profesional.

Value Program Wakaf Produktif Klinik :

  1. Program yang populis, bermanfaat tinggi dan berkelanjutan.
  2. Hasil pengelolaannya disalurkan untuk program mauquf alaih.
  3. Branding mitra sponsor Jika 100 % suport.
  4. Nilai pahala kekal abadi.

 

3. Wakaf Kebun Produktif

Program Wakaf Kebun Produktif adalah program pengelolaan wakaf uang yang dikelola secara produktif di sektor pertanian dengan komoditas tanaman Kelapa jenis Pandan Wangi dan Lada dimana nilai manfaatnya untuk program-program sosial masyarakat.

Wakaf kebun produktif merupakan gerakan yang sudah sepantasnya dijalankan oleh segenap kaum muslimin untuk mempertahankan lahan-lahan kaum muslimin supaya tidak jatuh menjadi lahan-lahan komersial semata.

Kita harus mengamankan lahan-lahan untuk produksi pangan. Ada lahan untuk pemberdayaan lingkungan. Siapa yang akan membiayai itu, bila semua berfikir komersial jadi rumah, gedung, pabrik. Maka tidak ada lagi yang memikirkan lahan untuk makanan dan lingkungan kita.

Itulah Rule Wakaf kita.

Value Program Kebun Produktif :

  1. Memberdayakan masyarakat berupa lapangan pekerjaan.
  2. Membantu program pemerintah dalam masalah lapangan pekerjaan.
  3. Hasil panen kebun jangka panjang.
  4. Hasil Mauqufalaih menghasilkan produk-produk sosial untuk masyarakat

Gambar 1 : Skema Pengelolaan Wakaf Kebun Produktif

Target Penghimpunan

 

Gambar 2 : Rencana Implementasi

Banten. Lokasi tanah Wakaf Kebun Produktif yang dikelola Rumah Wakaf berada di Desa Cikadongdong, Kabupaten Pandeglang, Banten. Perkembangan bibit dan lahan kebun produktif pada pertengahan November 2017 kemarin ada 1500 bibit yang sedang dirawat dan 700 bibit yang sudah siap tanam. Pada tanggal 24 November 2017 seluas 2000 m2 lahan kebun produktif telah kita bebaskan, yang merupakan donasi dari para muwakif. Sehingga masih banyak lahan yang harus kita bebaskan untuk kita tanam bibit kelapa.

Setelah 5 bulan perawatan bibit, kini sampailah pada tahap penanaman di lahan yang telah siap untuk ditanami. Untuk optimalisasi lahan, selain pohon kelapa lahan kosong diantara pohon kelapa ditanami tanaman lada hitam. Sehingga lahan kebun produktif ini lebih menghasilkan karena selain panen kelapa juga akan panen lada hitam.

Whatsapp Chat Live Chat