WAKAF TUNAI, JALAN SEMUA ORANG BISA BERWAKAF

0
238

Menurut sejarah, masyarakat Indonesia sudah mengenal dan mempraktekan wakaf sejak abad ke-12. Namun sayang sekali, secara turun menurun wakaf yang dikenal hanyalah wakaf berupa tanah pemakaman dan tempat ibadah saja. Dimana yang bisa mengamalkan wakaf diatas hanyalah orang-orang tertentu seperti bandar tanah atau orang yang berkelebihan harta saja. Hal ini menyebabkan wakaf dipandang sebagai amal yang eksklusif, yang hanya bisa diamalkan oleh segelintir orang saja.

Namun pemahaman itu terus bergeser dengan diperkenalkannya wakaf uang. Di Indonesia wakaf uang telah dikenalkan sejak tahun 2002 tepatnya tanggal 11 Mei 2002 melalui penetapan fatwa tentang wakaf uang oleh Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia. Fatwa ini telah menjadi gerbang bagi semua orang untuk berwakaf. Tak hanya fatwa MUI, wakaf uang pun telah dikuatkan dengan ditetapkan undang-undangnya pada tanggal 27 Oktober 2004.

Dengan adanya wakaf uang, kini semua orang bisa berwakaf. Wakaf uang memudahkan semua orang untuk menunaikan wakaf, sebab dalam syarat harta wakaf tidak ditentukan batas nominal untuk berwakaf. Jadi mulai dengan Rp. 10.000 saja, kita sudah bisa berwakaf sahabat.

Sahabat masih banyak edukasi wakaf menarik lainya, jadi jangan lupa follow, like, comment dan share konten-konten @gelombangwakaf.id

Gelombang Wakaf, gerakan kebaikan bagian dari Rumah Zakat dan Rumah Wakaf