Wakaf UMKM Anda Berdayakan Warga Desa Beha, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

0
28
wakaf umkm produktif - rwi

Desa Beha memiliki potensi alam yang besar berupa tanaman cengkih berkualitas tinggi. Tangkai bunga cengkih dapat disulap menjadi komoditas umum seperti bumbu dapur, rokok, dupa, ataupun aroma terapi. Selain itu cengkih juga dapat diolah menjadi minyak cengkih yang berkhasiat bagi kesehatan. Untuk mengolahnya diperlukan mesin khusus penyuling minyak cengkih.

Melihat peluang itu, wakaf hadir menjawab masalah yang ada.
Mesin destilasi minyak atsiri adalah salah satu bentuk wakaf UMKM produktif untuk masyarakat Desa Beha. Mesin ini membantu menaikkan penghasilan warga yang semula hanya mengandalkan penjualan kopra dan bunga cengkih saja, akan dibantu oleh penjualan daun dan batang cengkih yang dianggap sampah bisa berubah menjadi rupiah. Penyulingan cengkeh di Desa Berdaya Beha Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara telah memberdayakan 130 warga masyarakat desa.

Pemberdayaan masyarakah Desa Beha juga dilakukan melalui layanan posyandu, Rumah Quran, dan Kebun Gizi. Sebanyak 64 anak mengikuti pemeriksaan di posyandu secara rutin setiap bulannya. Rumah Quran juga berkontribusi mengajarkan ilmu agama kepada anak-anak melalui pengajian di TPQ. Melalui Kebun Gizi, kami mengajak para warga untuk mengoptimalkan lahan kebun dengan pengadaan bibit-bibit sayuran sehingga masyarakat mendapat tambahan pangan dari hasil kebun mereka sendiri.

Terima kasih atas kepercayaan Sahabat yang telah menyalurkan Wakaf UMKM Produktif melalui Rumah Wakaf. Wakaf Anda berdayakan sesama.